Selamat Datang di Website :: Pengadilan Negeri Demak , Website ini dilengkapi dengan akses difabel, silahkan blok teks dan klik icon speaker untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website :: Pengadilan Negeri Demak , Website ini dilengkapi dengan akses difabel, silahkan blok teks dan klik icon speaker untuk mendengarkan Powered By GSpeech
Kegiatan Pengadilan

UPACARA PERINGATAN HARI KARTINI

22 Apr

Semarang, 22 April 2018. Pengadilan Negeri Demak melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Kartini Tahun 2019. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bapak Mujiono, S.H., M.H.. Semua petugas upacara adalah wanita, hal ini sesuai dengan tema upacara yaitu memperingati hari kartini sebagai tokoh yang memperjuangkan hak-hak wanita. berikut sejarah singkat Kartini:

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat merupakan nama lengkap RA Kartini yang merupakan tokoh Pahlawan Nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita. Ia lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Raden mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan seorang bupati Jepara. Di era Kartini, wanita-wanita negeri ini belum memperoleh kebebasan dalam berbagai hal. Mereka belum diijinkan untuk memperoleh pendidikan yang tinggi seperti pria dan bahkan belum diijinkan menentukan jodoh/suami sendiri. Keadaan seprti itu membuat Kartini berkeinginan dan bertekad untuk memajukan wanita bangsanya, Indonesia. Langkah untuk memajukan itu menurutnya bisa dicapai melalui pendidikan. Untuk merealisasikan cita - citanya itu, dia mengawalinya dengan mendirikan sekolah untuk anak gadis di daerah kelahirannya, JeparaBerbagai rintangan tidak menyurutkan semangatnya, bahkan pernikahan sekalipun. Setelah menikah, dia masih mendirikan sekolah di Rembang. Apa yang dilakukannya dengan sekolah itu kemudian diikuti oleh wanita-wanita lainnya dengan mendirikan ‘Sekolah Kartini’ di tempat masing-masing seperti di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, dan Cirebon. Sepanjang hidupnya, Kartini sangat senang berteman. Dia mempunyai banyak teman baik di dalam negeri maupun di Eropa khususnya dari negeri Belanda, bangsa yang sedang menjajah Indonesia saat itu. Kepada para sahabatnya, dia sering mencurahkan isi hatinya tentang keinginannya memajukan wanita negerinya. Kepada teman - temannya yang orang Belanda dia sering menulis surat yang mengungkapkan cita - citanya tersebut, tentang adanya persamaan hak kaum wanita dan pria. Setelah meninggalnya Kartini, surat - surat tersebut kemudian dikumpulkan dan diterbitkan menjadi sebuah buku yang dalam bahasa Belanda berjudul Door Duisternis tot Licht (Habis Gelap Terbitlah Terang). Apa yang terdapat dalam buku itu sangat berpengaruh besar dalam mendorong kemajuan wanita Indonesia karena isi tulisan tersebut telah menjadi sumber motivasi perjuangan bagi kaum wanita Indonesia di kemudian hari.

Upacara ini dilaksanakan di Halaman Kantor Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Upacara bendera ini berlangsung dengan khidmat dan lancar.

RAPAT TERBATAS BULAN APRIL

16 Apr

Pada Selasa (16/04/2019), pukul 14.01 WIB, bertempat di LT II Ruang rapat Pengadilan Negeri Demak, Ketua Pengadilan Negeri Demak

Bapak Agam Syarief Baharudin, SH,.MH., memimpin rapat terbatas, rapat ini digelar dalam rangka untuk membahas harian pelaksanaan dibagian kepaniteraan

dan kesekretariatan agar baik dan terarah, sekaligus untuk bahan temuan rapat dinas. 

Rapat dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Kasubbag Umum dan Keuangan, dan Kasubbag Perencaan, TI dan Pelaporan.

 

MUSCAB VI DHARMAYUKTI KARINI CABANG DEMAK

12 Apr

Bertempat di ruang Sidang Candra Pengadilan Negeri Demak mengadakan Pertemuan Rutin dan Musyawarah Cabang (MUSCAB) VI Dharmayukti Karini Cabang Demak dilaksanakan hari Jumat, 12 April 2019 dimulai pukul 08.30 WIB samapai dengan Selesai.

Kegiatan yang dilaksanakan, setiap satu bulan sekali ini dihadiri oleh Istri Ketua Pengadilan Agama Demak dan Istri Ketua Pengadilan Negeri Demak sekaligus seluruh pengurus dan anggota Dharmayukti Karini. Acara tersebut hasil kerjasama antara anggota Dharmayukti Pengadilan Agama Demak dengan anggota Dharmayukti Pengadilan Negeri Demak.

 

Kegiatan sederhana ini berlangsung dengan suasana kehangatan antar anggota Dharmayukti, kira-kira pukul 11.00 WIT. acara pertemuan rutin Dharmayukti Karini berakhir dengan pembacaan doa oleh petugas dan dilanjutkan dengan mengundian  arisan.

PENGAJIAN BULAN APRIL 2019

12 Apr

Demak, 12 April 2019. Bertempat di Musholla al-Hakim diadakan acara pengajian yang diikuti oleh Bapak/Ibu Hakim dan Karyawan/Karyawati Pengadilan Negeri Demak.
Pengajian ini rutin diadakan guna sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa Para Hakim dan Pegawai di Pengadilan Negeri Demak. Hadir sebagai penceramah yaitu Ust. H. Afit Juliat Nurcholis, MA

 

Pelantikan Sekretaris Bpk Agus Setianto, SH.

11 Apr

Pada hari Rabu 11 April 2019 bertempat di Ruang Sidang Candra, Pengadilan Negeri Demak melaksanakan Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Bpk.Agus Setianto, SH. sebagai Sekretaris Pengadilan Negeri Demak. Pengambilan sumpah dan pelantikan  dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Demak Bpk. Agam Syarief Baharudin, SH.,MH. Bertindak sebagai saksi pada pengambilan sumpah jabatan adalah Bpk. Suryanto Nur Budi Santoso, S.H. dan Ibu Sunarmi. SH.,MH.

 

Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan dihadiri oleh Wakil ketua, Hakim, serta seluruh Pejabat Struktural, Fungsional, Karyawan-Karyawati dan Honorer Pengadilan Negeri Demak beserta para undangan.Rangkaian acara demi acara berjalan dengan tertib dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada Bpk. Agus Setianto, SH. sebagai Sekretaris Pengadilan Negeri Demak dan foto bersama.

 

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech